Kegiatan

Sosialisasi SLRT

IMG_20161108_103014

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat , Dinas sosial dengan bekerjasama dengan Kelurahan Kebonsari mengadakan kegiatan Sosialisasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) bagi masyarakat Kelurahan. Kegiatan dilaksanakan hari Selasa tanggal 08 Nopember 2016 bertempat di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sukun. Acara dimulai dari pukul 10.00 WIB dan diikuti oleh  Ketua RT dan RW, perwakilan kader PKK, perwakilan LPMK, perwakilan BKM dan perwakilan Karang Taruna. Acara di buka oleh Lurah Kebonsari Bapak Nyoto S.STP, M.Si dan dilanjutkan oleh narasumber yang merupakan supervisor dari Dinas Sosial  Bapak Deka Rangga Putra.

Dalam sosialisasinya pak Rangga menerangkan bahwa Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk Masyarakat Sejahtera adalah sistem yang membantu masyarakat dan pemerintah daerah untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan yang akan menghubungkan mereka dengan program-program pusat dan daerah yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bisa di bilang SLRT adalah wadah bagi masyarakat dalam memyampaikan keluhan / masalah seperti  bantuan sosial, Jamkesmas, Raskin, KKS, KIS, KIP, Bedah rumah, dan lain lain yang akan di tampung dan di identifikasi untuk di carikan solusi.

Sumber informasi dan data SLRT adalah Daftar Penerima Manfaat hasil Pemutakhiran Data Terpadu (PBDT) 2015, basis data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan data lainnya yang ada di Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta hasil pemetaan program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang ada di daerah (katalog program)

Untuk memberikan pemahaman  juga dijelaskan bagaimana Alur Pendataan dan Verifikasi SLRT yang harus melalui beberapa tahapan-tahapan, dimana fasilitator akan berperan penting dalam pendataan dan verifikasi data yang diterima dari masyarakat.

Diharapkan dari kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh  dan dapat di sosialisasikan kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam memberikan masukan untuk peningkatan kesejahteraan melalui program – program yang di canangkan pemerintah.