Kepemudaan

Budidaya Ikan Nila

Pelatihan Budidaya Ikan Nila

C360_2016-06-05-09-18-35-244Kelurahan Kebonsari melakukan kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan Nila/ikan air tawar bekerjasama dengan Dinas Pertanian dengan narasumber Bapak  Ir. Samsul Arifin dan Bapak Chandra Kurniawan yang merupakan Penyuluh Perikanan Kecamatan Sukun  untuk pemateri Budi Daya Ikan Nila.

Pelatihan Budi daya Ikan Nila  berlansung pada hari Minggu tanggal 5 Juni 2016 bertempat di ruang PKK Kelurahan. Pembukaan Kegiatan di lakukan oleh Lurah Kebonsari, Bapak Nyoto, S.STP, M.Si dan di hadiri oleh anggota Karang Taruna Kelurahan Kebonsari. Kegiatan Pelatihan  ini merupakan salah satu program Keberdayaan Masyarakat Kelurahan khususnya Karang Taruna Kelurahan Kebonsari.

Dalam materi pelatihan narasumber menerangan tentang teknik  Budidaya Ikan Mulai dari Pembenihan, pembesaran, pra produksi, proses produksi, pasca produksi, pemilihan lokasi, pemilihan wadah, pemanenan, pendistribusian, persiapan lahan/wadah. pemilihan induk/benih, pengelolaan air dan penelolaan kesehatan ikan dan lingkunghan.

Dalam pelatihan ini untuk konstruksi kolam di gunakan adalah konstruksi kolam terpal bundar.  Kontruksi kolam terpal (kolam terpal bundar ) saat ini banyak dikembangkan baik dikota maupun desa dengan menggunakan dan memanfaatkan lahan pekarangan yang kurang berfungsi, sehingga menghasilkan untuk membantu kebutuhan Keluarga.

Untuk ukuran benih minimal 4 cm dan seukuran, tidak cacat atau luka, bergerak aktif dan lincah serta responsif terhadap pakan. Benih ikan bisa didapat di Tempat Pembenihan Swasta dan Balai Benih Ikan (BBI) milik Pemerintah.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, peserta memperoleh tambahan pengalaman , teknik dan pempraktekannya dan berhasil menambah penghasilan keluarga.