Kesehatan

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Penyuluhan PHBS

IMG_2403Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan kesehatan dimasyarakat. Perilaku  Hidup Bersih dan Sehat adalah sebagai wujud kesehatan dalam upaya mengajak, mendorong kemandirian masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat.

Kelurahan bekerja sama dengan Puskesmas mengadakan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada masyarakat Kelurahan Kebonsari. Penyuluhan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 5 april 2016 dihadiri oleh  Lurah Kebonsari beserta staf dan kader Posyandu.IMG_2429

Perilaku hidup bersih dan sehat dimulai di rumah tangga sendiri sebagai upaya memperdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat seperti yang dikatakan oleh ibu Cici Indah Setyowati sebagai narasumber. Sasaran PHBS adalah Rumah tangga, Institusi Kesehatan, Institusi Pendidikan, tempat kerja dan tempat umum.

Dalam penyuluhan ini pencegahan demam berdarah dengan melakukan fogging adalah salah satu materi yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Ciptomulyo Dr. Lusi Herawati  sebagai narasumber. Dr.Lusi menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan fogging antara lain menyimpan makanan dan minuman di tempat yang rapat,menutup jendela, mengeluarkan hewan peliharaan dll. Hal-hal yang perlu diperhatikan setelah fogging juga perlu dilakukan antara lain menyikat dan menguras kamar mandi,mengepel lantai agar penghuni rumah terhindar dari keracunan.

IMG_2409

Diharapkan dengan adanya penyuluhan ini warga dapat memahami dan dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di mulai dengan keluarga lalu lingkungannya